Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa, Roos Nana Sucihati, SE,. MM. berhasil menjadi salah satu dari 5 orang pemakalah terbaik dalam kegiatan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Samawa Sumbawa Besar,Kamis 23 Januari 2020 denganJurnal berjudul ”Stimulus Iklan Shopee Versi Baby Shark Dalam Meningkatkan Brand Awareness Masyarakat Kabupaten Sumbawa“. Kegiatanbertema “Inovasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Menunjang Era Industri 4.0 ”ini mengambil bidang multi disiplin ilmu, sehingga agenda tersebut memberikan ruang kepada akademisi, guru, praktisi, masyarakat umum, peneliti, dan lain-lain untuk berkontribusi sebagai presenter ataupun peserta guna mempresentasikan penelitiannya. Para peserta berasal dari berbagai universitas di Indonesia di antaranya, IPB, Unpad, Undip, UniversitasSiliwangi, Unram, IKIP Mataram, BPS, dan sejumlah universitas di Bali. Sementara peserta dari Pulau Sumbawa adalah dosen, guru dan mahasiswa dari UNSA, UTS, IISBUD, STAI NW, SMA 1 Lape, SMA 1 Maronge, SMA Seteluk, MAN 2 Bima, STIE BIMA, dan lainnya.

Menurut Nana, panggilan akrab Ibu Roos Nana Sucihati,hasil penelitian menunjukkan bahwa elemenstimulus yang ada dalam iklan shopee versi babyshark, yaitu  voice, music, word, picture, color, dan movements berpengaruh signifikan dalam meningkatkan brandawareness pada masyarakat Kabupaten Sumbawa, baik secara parsial maupun secara simultan.

“Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam merancang iklan yang kreatif dan juga inovatif dengan memanfaatkan keenam elemen dan stimuli yang terkandung dalam sebuah iklan, sehingga dapat meningkatkan brandawareness masyarakat”, ucap Nana. Kesadaran merek yang tinggi memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produk mereka.Oleh sebab itu, idealnya setiap perusahaan harus melakukan promosi secara  efektif dalam rangka mempublikasikan produknya untuk meningkatkan kesadaran merek (brandawareness) dari masyarakat, yang bermuara pada kesiapan perusahaan dalam menghadapi persaingan di era industri 4.0.

Foto: Roos Nana Sucihati “ Pemakalah Terbaik “ ( Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen)

Selain Ibu Roos Nana Sucihati, SE,. MM yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan, ada 15 dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen yang ikut berpartisikasi mempersentasikan artikelnya dalam kegiatan Semnas IPPeMas 2020.

Adapun harapan dari panitia seminar nasional pengabdian masyarakat Universitas Samawa, yakni Fahmi Yahya, mengharapkan agar kegiatan seminar ini mampu mempertemukan para akademisi dan segala macam jenis karya pengabdiannnya selama ini, untuk di seminasikan atau di sampaikan melalui pertemuan rutin tahunan.

Foto : Fahmi Yahya (Ketua Panitia Seminar Nasional IPPeMas 2020)

Sedangkan harapan dari pihak pimpinan, Rektor Universitas Samawa, Dr. Syafrudin, MM, berharap agar kegiatan seminar seperti itu terus berjalan secara berkelanjutan, untuk mempertemukan insan-insan akademisi baik untuk bertukar peluang kolaborasi riset, bertukar kerjasama, serta bertukar gagasan dalam rangka membangun iklim akademis dalam komunitas riset dan pengabdian yang berkelanjutan.

 

Foto: Rektor Universitas Samawa membuka acara Semnas IPPeMAS 2020

 

(s.s)