A. Selayang Pandang Prodi Keuangan dan Perbankan

     Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan (Prodi D3 KP) Fakultas Ekonomi dan Manajeman (FEM) Universitas Samawa (UNSA) menerapkan sistem pendidikan vokasi, bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang memiliki etika dan siap kerja, dengan membekali pengetahuan dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Lama kuliah dapat ditempuh dalam 3 tahun (6 semester) dengan total 46 mata kuliah dan 116 sks, dengan biaya relatif lebih murah dibandingkan perguruan tinggi lain.

Para pengajar rata-rata berpendidikan Magister (S2) dan dan Doktor (S3). Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan (Prodi D3 KP) Fakultas Ekonomi dan Manajeman (FEM) Universitas Samawa (UNSA) memiliki kompetensi. Untuk mendukung keahlian para mahasiswa di dibekali dengan ilmu baik secara teoritis dan praktek. Adapun praktek yaitu praktik dan simulasi di laboratorium, al.: Laboratorium Bank Mini, Laboratorium Komputer, Lab Akuntansi, Laboratorium pembiayaan, Laboratorium Pajak dan Tax Center, serta Program Magang (PKL) di berbagai perbankan dan perusahaan. Lulusan Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan FEM UNSA telah banyak terserap di dunia kerja di berbagai perusahaan, baik di perbankan, lembaga keuangan nonbank, serta di industri lainnya, maupun menjadi wirausaha yang berhasil.

 

 B. VISI-MISI

 a. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan tenaga Ahli Madya professional (Intrapreueneur) dalam bidang Keuangan dan Perbankan maupun sebagai wirausaha (Enterpreuneur)dengan memiliki keunggulan dan mampu bersaing secara global.

 b. Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga professional tingkat Madya dalam bidang pengelolaan keuangan dan perbankan yang memadukan program pendidikan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  2. Mengembangkan jiwa wirausaha (Entrepreneur) yang mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia usaha yang selalu mengalami perkembangan sehingga mampu membuka kesempatan kerja..
  3. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik (Good Corporate Governance) untuk menciptakan suasana akademik yang sehat, dinamis, ramah, dan bersahabat.
  4. Melaksanakan dan Mengembangkan Proses Belajar Mengajar yang Berkualitas Melalui Peran Aktif Mahasiswa yang Didukung oleh Sarana dan Prasana yang Lebih Melaksanakan penelitian yang menunjang pengembangan ilmu Keuangan dan Perbankan, dan meningkatkan kualitas dosen sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing.