PROGRAM STUDI MANAJEMEN FEM-UNSA

 

A. Sejarah Perkembangan

Sejarah Program Studi Manajemen Fakultas ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa dimulai sejak dikeluarkannya Keputusan yang dikeluarkan oleh Menteri riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK Nomor 204/KPT/I/2017 tertanggal 27 Maret 2017 tentang pembukaan Program Studi Manajemen Program Saarjana pada Universitas Samawa di Kabupaten Sumbawa yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa.

Pada tahun 2010 dilakukan studi kelayakan untuk pengajuan Program Studi Manajemen Fakultas ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa. Berdasarkan data studi kelayakan, lulusan dari berbagai SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumbawa sudah menyebar kemana-mana, meskipun gelar kesarjanaan yang diraih adalah Sarjana Manajemen (S.Mn.). Tetapi dengan latar belakang keilmuan yang lebih menekankan pada manajemen umum yang meliputi 4 (empat) konsentrasi yaitu manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daaya Manusia, Manajemen Keuangan dan Manajemen Operasional membuat peluang lulusannya banyak dimanfaatkan oleh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Pada saat itu, Program Studi Manajemen sudah mengelola kurikulum sendiri berbasis KKNI bahkan calon mahasiswa yang memilih Program Studi Manajemen selalu berada di peringkat atas dalam jumlah peminat. Data jumlah peminat yang diterima menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen pada tahun 2017 adalah 58 orang  dan tahun 2018 sebanyak 101 orang. Saat ini jumlah seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen yang aktif sebanyak 159 orang.

 B. Visi-Misi Program Studi Manajemen

VISI

Menjadi Program Studi Manajemen yang mencetak Sumberdaya Manusia Profesional, Berkualitas, dan Handal di tingkat Lokal, Nasional dan Global”

MISI

  1. Melaksanakan kegiatan dan pembelajaran yang berkualitas guna mewujudkan sumberdaya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Manajemen.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang keilmuan manajemen dengan menjunjung tinggi kaidah-kaidah ilmiah dengan bertanggung jawab.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu manajemen yang berguna bagi masyarakat dan dunia usaha.
  4. Melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak secara simbiosis mutualistis